Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screenshot Oppo 4 Trik Paling Gampang

Cara Screenshot Oppo - dengan beberapa tips dan trik biar kamu lebih mahir menggunakan ponsel Oppo.

Hallo sobat mimin kali ini kita akan mengajak kamu untuk menunjukkan cara bagaimana screenshot pada smartphone Oppo, Sebenarnya ini adalah cara yang sangat-sangat gampang. Namun beberapa masih ada yang bingungk dengan cara screenshot dari smartphone Oppo.

Dan kebetulan masing-masing coba cari tahu di mbah Google.

Kamu gak perlu khawatir lagi, kami akan membagi pada kamu semua cara screenshot smart phone Oppo yang mudah bahkan bisa tanpa mengunakan aplikasi.

Tapi sebelum itu kamu harus membaca artikel ini dengan lengkap agar faham dan tahu bagai mana cara screenshot di smart phone Oppo.

Caranya gak jauh beda kayak HP Samsung, xiaomi, realme atau merk-merk lain, pasti hampir sama mungkin hanya beberapa yang letaknya berbeda.

Dan gak cuma satu cara doang. Tapi kamu bisa menggunakan beberapa cara sekaligus. Ini membikin kamu lebih ahli dan mahir menggunakan ponsel.

Cara screenshot oppo panjang, cara screenshot oppo a12, cara screenshot oppo a33w, cara screenshot oppo a92, cara screenshot hp oppo a12, cara screenshot oppo a31, cara screenshot oppo a9 2020, cara screenshot oppo f9.

Baiklah kali ini kita akan membahas 4 langkah untuk screenshot Oppo kamu dengan mudah.

Cara screenshot Samsung

Cara Screenshot Vivo Semua Tipe

4 Cara Screenshot Oppo

1. Gunakan 3 Jari

Cara Screenshot Oppo

Ini adalah cara paling gampang dan sering digunakan, yakni kita hanya menggunakan 3 jari doang dan diusapkan di layar. Maka kamu akan langsung mendapatkan hasil screenshot.

Coba saja sekarang?

Hanya saja cara ini tidak tersedia di beberapa perangkat oppo, biasanya sih yang lawas-lawas.

Kalau di HP kamu belum bisa, kamu bisa melakukan langkah-langkah ini:

  1. Buka pengaturan pada smartphone kamu 
  2. Cari ikon Gesture and Motion.
  3. Pilih pada bagian submenu Gesture and Motion.
  4. Aktifkan fitur Gesture Screenshot.

Ini sering disebut dengan Quick Gesture, yang mana fungsi dari Quick Gesture ialah mengoperasikan smartphone hanya menggunkan gesture tangan pengguna.

Quick Gesture ini juga berfungsi untuk membuka kunci pada layarsmartphone, melakukan tangkapan kamera, dan juga melakukan screenshot (tangkapan layar).

Fitur Quick Gesture ini merupakan bawaan langsung dari smartphone Oppo sendiri. Jadi gak perlu mengunakan atau mendownload aplikasi tambahan atau yang lainya.

Jika kamu ingin menggunakan fitur ini kamu cuma perlu mengaktifkannya di pengaturan smartphone.

Cara melakukan screenshot dengan mengunakan fitur Gesture Screenshot ini sangatlah mudah. Hanya menggunakan ketiga jari pada tanganmu. Setelah kamu mengaktifkan Gesture Screenshot, kemudian pilih bagian mana yang akan kamu screen mengunakan fitur Gesture Screen ini, 

Kemudian kamu tinggal tarik ketiga jarimu dari atas layar kebawah sampai layar berkedip dan berbunyi 'ckrek' pertanda hasil tangkapan sudah tersimpan.

2. Kombinasi Tombol Power + Volume Down

Cara Screenshot Oppo

Atau kamu bisa Langkah kedua yang juga mudah yakni screenshot smartphone Oppomu menggunakan kombinasi antara tombol power dan tombol volume down (Bawah). Ada langkahnya screenshot Oppo seperti berikut:

  1. Buka layar smartphone yang akan kamu screenshot
  2. Tekan tombol power dan volume down (bawah) secara bersamaan selama beberapaa saat.
  3. Jika sudah keluar sinar seperti jepretan kamera pada umunya dan layar smartphone kamu berkedip itu tandanya sudah selesai screenshot.
  4. Hasil dari screenshot akan otomatis masuk ke galeri internal smartphone kamu.

3. Kombinasi Tombol Power + Volume Up

Cara Screenshot Oppo

Sama seperti sebelumnya cara screenshot yang satu ini, yakni mengunakan kombinasi power + volume up (atas) bisa dibilang gak ada bedanya yakni sebagai berikut:

  1. Buka layar smartphone yang akan kamu screenshot
  2. Tekan tombol power dan volume up (atass), secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Jika sudah keluar sirar seperti jepretan kamera pada umunya dan layar smartphone kamu berkedip,          itu tandanya sudah selesai screenshot.
  4. Kamu akan mendapat 2 pilihan jika mengunakan cara ini yaitu screenshot area dan screenshot next        page
  5. Hasil dari screen shot akan otomatis masuk ke galeri internal smartphone kamu.

Cuma yang membedakan adalah hasil dan fitur screenshot, yang mana jika di kombinasi screenshot power + volume down kita cuma bisa dapat gambar dari layar smartphone Oppo kamu seperti biasanya.

Tapi jika mengunakan kombinasi power + volume up (atas) kita akan menjumpai banyak fiturnya dan cara dari yang sebelumnya.

Jika mengunakan kombinasi ini kamu bisa menscreenshot layar smartphone kamu lebih panjang dari sebelumnya atau bahkan dapat menscreenshot pada area tertentu yang ingin di screenshot.

Ada 2 fitur yang sesuai dengan car di atas yakni: 

Screenshot Area

Cara Screenshot Oppo

Guna dari fitur ini ialah kamu dapat mengaambil gambar pada area layar smartphone kamu yang tertentu saja, langkahnya seperti berikut ini: 

  1. Tekan tombol power + volume up secara bersamaan.
  2. Tunggu sampai ada opsi menu pilihan screenshot arae, next page, and save.
  3. Pilih pada bagian screenshot area, dan kemudian pilih area mana yang akan kamu creenshot.
  4. Pilih opsi save untuk menyimpan hasil screenshotanmu.

Screenshot Panjang

Cara Screenshot Oppo

Guna dari fitur ini ialah kamu dapat men-screenshot pada layar smartphone kamu dengan memanjang melebihi layar samrtphone kamu.

Secreenshot panjang atau Screenshot next page ini bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar pada layar chattingan kamu, artikel atau yang lainnya.

Langkahnya juga hampir sama dengan screenshot area yaitu: 

  1. Tekan tombol power + volume up secara bersamaan.
  2. Tunggu sampai ada opsi menu pilihan screenshot arae, next page, and save.
  3. Pilih pada bagian screenshot next page
  4. Dan kemudian kamu tarik kebawah.
  5. Pilih opsi save untuk menyimpan hasil screenshotanmu.
Nah, gimana mudah sekali kan?

4. Screenshot dengan Aplikasi

Terakhir, kamu bisa gunakan screenshot dengan bantuan aplikasi. Hal in gak saya rekomendasikan kecuali beberapa cara tadi gak bisa dilakukan di HP kamu.

Semisal gak ada menu gesture sehingga gak bisa screenshot menggunakan jari, tombol power dan volume sudah rusak atau hilang.

Maka alternatif terakhir adalah menggunakan bantuan aplikasi.

Untuk caranya sangat mudah, hanya saja kamu berkorban penyimpanan untuk instal aplikasi screenshot. Ada banyak kok aplikasi yang berfungsi untuk Screenshot ini. Kamu bisa cari sendiri di playstore.

Baca juga:

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Oppo

Cara Berbagi Sandi Wifi Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo [Semua Merk]

Oke, sekian dulu artikel kali ini. Simak terus ulasan menarik dari Areafokus.com dan terupdate. See you next post gaes..