Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Banyak organisasi kesehatan yang membuat Aplikasi kesehatan mental untuk Menjaga kesehatan mental.

Kalau kita lihat, kehidupan manusia hari ini dibikin serba mudah. Apalagi dengan bantuan yang namanya smartphone. Hanya menggunakan ponsel doang, manusia bisa mendapatkan apa saja yang diinginkan.

Tak perlu keluar rumah karena hampir semuanya bisa diantar.

Tapi ironisnya, semakin mudah hidup manusia tapi tingkat kebahagiaan malah menurun. Banyak orang jaman ini yang lebih mudah stress, gelisah, pemurung, dan akibat yang paling fatal adalah bunuh diri.

Kesehatan mental memang menjadi masalah yang serius.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental ini. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi di smartphone.

Aplikasi kesehatan mental gratis, aplikasi tes kesehatan mental, aplikasi untuk menjaga kesehatan mental, aplikasi psikologi, website kesehatan mental, situs kesehatan mental, aplikasi riliv, tes depresi.

Ada beberapa aplikasi kesehatan mental yang bisa kamu coba dengan fitur-fitur yang bermanfaat. Ada yang menyediakan metode mengatasi depresi, senam, konsultasi dan sebagainya.

Cek juga:

Aplikasi Psikologi

Selain aplikasi, kami juga memberikan cara alternatif yang mudah digunakan di bawah nanti. So, simak sampai tuntas ya.. 

Aplikasi Kesehatan Mental untuk Mengatasi Stress dan Depresi

1. Riliv

Aplikasi Kesehatan Mental

Pertama ada aplikasi Riliv yang memungkinkan kamu ngobrol masalah mental atau psikologi dengan para ahli. Di aplikasi ini menyediakan puluhan psikolog profesional.

Riliv adalah aplikasi buatan anak bangsa yang cukup populer. Aplikasi ini akan menghubungkan pasien dengan melalui aplikasi.

Selain para psikolog berlisensi, aplikasi Riliv sudah bekerjasama dengna para universitas di Indonesia yang memiliki prodi psikolog.

2. MoodTools

Aplikasi Kesehatan Mental

Aplikasi Moodtools juga termasuk aplikasi populer untuk kesehatan mental. Aplikasi ini sudah bekerja sama dengan psikolog kesehatan mental. MoodTools dikembangkan untuk mengidentifikasi gejala depresi, stress dan melacak tingkat keparahan suasana hati.

Kamu bisa menggunakan fitur diary dan melakukan hal-hal dari terapi CBT. Selain itu aplikasi ini menyediakan perpustakaan video meditasi atau kuliah batin untuk meningkatkan mood.

3. Self-Help Anxiety Management

Aplikasi Kesehatan Mental

Self-Help Anxiety Management atau disingkat SAM, adalah aplikasi untuk melakukan self-help dari segi mental.

Aplikasi SAM akan melacak pikiran dan perasaan pengguna dengan beberapa fitur tertentu dan kamu bisa menerapkan 25 teknik self-help yang tersedia disana.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan media sosial atau komunitas dimana para pengguna bisa bertukar pikiran dan pengalaman.

Aplikasi SAM dikembangkan oleh tim psikolog dari University of West England untuk menciptakan sumber daya kesehatan mental yang menarik dan praktis. Namun sayangnya di aplikasi ini belum disediakan bahasa Indonesia dan kebanyakan menggunakan bahasa inggris.

4. Happify

Aplikasi Kesehatan Mental

Selanjutnya ada aplikasi Happify yang menjadi satu aplikasi gratis untuk mental health. Di aplikasi ini pengguna bisa menjaga kesehatan mental dengan beragam saran aktivitas, kuis, dan permainan yang menarik.

Aplikasi Happify dirancang untuk melatih kstabilan otak dan perasaan terutama untuk menghindari pikiran negatif dan meningkatkan kebahagiaan.

5. Calm

Aplikasi Kesehatan Mental

Berikutnya ada aplikasi Calm. Ini juga menjadi salah satu aplikasi meditasi dengan segudang manfaat. Di aplikasi disediakan beberapa fitur untuk kesehatan mental, menjaga fokus pikiran, meningkatkan self-awareness, mengurangi stres, dan sebagainya.

Sebenarnya aplikasi Calm lebih berfokus pada meditasi musik dengan beragam pilihan musik kalem dan santai.

6. Depression CBT

Aplikasi Kesehatan Mental

Sesuai namanya, aplikasi ini ditujukan untuk mengurangi depresi dengan terapi CBT. Terapi CBT adalah pendekatan cukup efektif yang sering digunakan untuk mengelola kecemasan dan masalah mental semacamnya.

Aplikasi ini membantu pengguna melacak suasana hati dengan beberapa tes dan memberikan sumber pelajaran. Depression CBT juga menyediakan koleksi musik untuk meditasi dan relaksasi.

Hanya saja aplikasi ini belum menyediakan bahasa Indonesia.

7. MindShift CBT

Aplikasi Kesehatan Mental

Atau kamu bisa instal aplikasi MindShift. Ini termasuk aplikasi mental-health yang cukup menarik. Selain solusi atas masalah mental, aplikasi ini juga menyediakan pengertian tentang kecemasan secara unik.

Mindshift juga memanfaatkan metode CBT untuk membantu penggunanya mengatasi kegelisahan. 

8. What’s Up

Aplikasi Kesehatan Mental

Selanjutnya kamu bisa instal What’s Up. Ini bukan aplikasi chatting ya gaes...

Aplikasi What’s Up ini menggunakan gabungan metode dari ACT (Acceptance Commitment Therapy) dan CBT (Cognitive Behavioral Therapy) .

Kamu juga bisa merekam kebiasaan baik dan buruk setiap hari. Dan dari sana kamu bisa mengidentifikasi apa saja yang perlu dirubah untuk hari esok.

9. Moodfit

Aplikasi Kesehatan Mental

Aplikasi Moodfit termasuk aplikasi mental helath yang lebih fleksibel bagi pengguna. Aplikasi ini tidak fokus pada bagaimana metode kesehatan mental, namun memberi kebebasan pengguna sesuai kebutuhan.

Kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di Moodfit untuk mengenali gejala mental yang ada dan mengatasi kecemasan, depresi, stres, dengan solusi yang disediakan.

10. MoodMission

Aplikasi Kesehatan Mental

MoodMission adalah aplikasi yang cukup bagus untuk menjaga kesehatan mental. Aplikasi ini memiliki koleksi pertanyaan-pertanyaan tentang perasaan yang sedang dialami. Dari jawaban yang kamu berikan, aplikasi ini memberikan misi tertentu untuk diselesaikan.

Jadi, semacam main game dengan perasaan dan pikiran sendiri. Beberapa misi tersebut seperti latihan pernapasan, belajar menjahit, push up, melihat sisi lain dari pikiran negatif.

Aplikasi MoodMission juga tersedia gratis di playstore namun sayang belum tersedia bahasa Indonesia di apliaksi ini.

Alternatif Selain Aplikasi Kesehatan Mental

1. Baca buku bertema self-help

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan beberapa cara lain, termasuk salah satunya adalah baca buku.

Ada banyak sekali buku-buku self help yang bagus untuk kesehatan mental.

Dari buku ini kamu bisa menemukan pengertian-pengertian baru dan unik seputar kesehatan mental, depresi, sudut pandang lain, dan solusi.

2. Kajian video di Youtube

Selain buku, kamu juga bisa mendengarkan kajian self-help di youtube. Ada banyak sekali motivator di sana dengan koleksi video self-help yang bagus. Hanya saja tidak semua video cocok untuk semua orang.

Jadi kamu bisa cari sendiri yang paling pas untuk masalah yang kamu alami.

3. Main game

Bisa dibilang ini adalah solusi paling gampang untuk menghilangkan stress. Hanya saja main game bersifat sementara.

Kalau game sudah selesai biasanya masalah cemas, depresi dan lainnya akan muncul kembali. Tapi, ini bukan berarti kamu perlu untuk main game kembali, tapi kamu bisa menambah wawasan melalui aplikasi di atas, atau cara alternatif yang lebih baik seperti baca buku. 

Itulah beberapa aplikasi kesehatan mental dan beberapa cara alternatifnya. Kamu bisa coba sendiri mana yang paling cocok.

Kamu bisa coba aplikasi Riliv karya anak bangsa yang lebih banyak bahasa Indonesianya.

Simak juga rekomendasi aplikasi lainnya di situs Areafokus.com. Kamu bisa daftarkan alamat emailmu di kotak di bawah dan dapatkan artikel terbaru dari kami secara gratis.

Baca juga:

Aplikasi Diet Bahasa Indonesia Rekomendasi Buat Kamu

10+ Aplikasi Olahraga Terbaik, Maksimalkan Kesehatan di Rumah Aja

Aplikasi Pengingat Minum, Pola Hidup Lebih Sehat

10 Aplikasi Dokter Online Kesehatan dan Konsultasi

Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga dapat membantu dan ketemu lagi di post berikutnya. Semoga hari-harimu menyenangkan!