Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membatasi Kecepatan WiFi Indihome Anti Gagal

Cara membatasi kecepatan wifi - Cara membatasi kecepatan WiFi Indihome berguna untuk membatasi penggunaan WiFi oleh orang lain, sehingga kamu tetap bisa menikmasi akses internet dengan cepat.

Cara membatasi kecepatan WiFi Indihome dapat kamu lakukan dengan mudah hanya dengan smartphone. Membagi dan membatasi kecepatan WiFi berguna untuk menghindari “rebutan” jaringan. 

Setiap perangkat memiliki kemampuan yang berbeda dalam menangkap sinyal internet, selain itu jarak juga bisa mempengaruhi kecepatan akses internet.

Untuk menghindari adanya “rebutan” jaringan, kamu bisa membagi dan membatasi kecepatan WiFi untuk setiap pengguna. Kamu juga bisa membatasi kecepatan WiFi Indihome untuk orang lain kecuali diri kita sendiri.

Sehingga walaupun ada banyak pengguna yang tersambung dengan WiFi namun kecepatan download, upload atau streaming tidak akan terganggu. Penasaran?

Baca juga:

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Indihome, FirstMedia DLL

Aplikasi Penguat Sinyal Wifi Jarak Jauh

Kamu bisa mencari tahu caranya dalam artikel ini.

Cara Membatasi Kecepatan WiFi

Cara Membatasi Kecepatan WiFi Indihome Tanpa Mikrotik

Ada beberapa cara membatasi kecepatan WiFi Indihome yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa melakukannya dengan mengubah pengaturan modem WiFi.

Namun agar tidak memperlambat koneksi internet sebaiknya cek terlebih dahulu pengguna wifi anda apakah ada user yang tidak diizinkan. Untuk mengeceknya dapan dilihat di panduan cara mengecek pengguna wifi indihome.

Selain menggunakan mikrotik, kamu bisa membatasi kecepatan WiFi Indihome menggunakan browser melalui ponsel android. Beberapa caranya yaitu:

1. Masuk Ke Situs Pengaturan Modem

Cara membatasi kecepatan WiFi Indihome dapat dilakukan dengan masuk ke situs atau website pengaturan modem. Kamu bisa melakukannya melalui browser di ponsel atau laptop. Setiap jenis modem memiliki alamat IP yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah WiFi Indihome untuk modem ZTE F660/F609 dengan IP Address 192.168.1.1. Selanjutnya adalah login atau masuk menggunakan username dan sandi, biasanya username dan sandi default akan tertera di bagian modem, kardus atau buku manual modem tersebut.

2. Cara Mengetahui Alamat IP Modem

Agar dapat menerapkan membatasi kecepatan WiFi melalui pengaturan modem, maka kamu harus mengetahui alamat IP modem.

Namun jika kamu tidak mengetahui alamat IP modem yang kamu gunakan, kamu bisa mencarinya dengan membuka pengaturan cmd melalui laptop/PC.

Caranya adalah dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan, kemudian akan muncul kotak dialog cmd dan pilih OK. Ketikkan “ipconfig” lalu enter dan biarkan sistem bekerja. Cari menu “IPv4 Address” dan lihat di sebelah kanannya.

Angka tersebut menunjukkan alamat IP modem milikmu. Berikut daftar IP Address untuk beberapa modem:

  • IP Address Router Tenda yaitu 192.168.0.1
  • IP Address Router TP-Link yaitu 192.168.0.1 atau 192.168.1.1
  • IP Address Router iBall yaitu 192.168.1.1
  • IP Address Router Huawei yaitu 192.168.1.1 atau 192.168.100.1
  • IP Address Router Digisol yaitu 192.168.1.1 atau 192.168.2.1
  • IP Address Router D-Link yaitu 192.168.0.1

3. Ubah Pengaturan Modem

Setelah berhasil masuk, cara membatasi kecepatan WiFi Indihome adalah dengan mengubah pengaturan modem dengan memilih tab “Network”. Kemudian pilin menu “WLAN” serta menu “Basic” untuk mengubah pangaturan.

Pilih atau centang kolom “IEEE 802.1.11b Only” di kolom “Mode”. Langkah terakhir adalah klik “Submit”. Namun yang perlu kamu ketahui, setiap modem memiliki cara yang berbeda untuk membatasi kecepatan WiFi.

4. Menggunakan Software P2pover

Selain melalui pengaturan modem, kamu bisa membatasi kecepatan WiFi Indihome melalui software P2pover. Software ini dapat kamu download secara gratis di internet. Pastikan kamu telah tersambung dengan jaringan WiFi kemudian pilih tab “Advanced Option”. Di system setting pilih menu Adapter lalu klik Auto Select dan “OK”.

Atur waktu pembatasan di menu “Schedule Setting” untuk mengatur hari hingga jam pembatasan WiFi. Kamu dapat mengatur limit WiFi di menu “Rule Setting”. Lalu pilih pengguna yang akan kita batasi dengan memilih menu “Scan”.

Cara Membatasi Kecepatan WiFi

Cara Membatasi Kecepatan WiFi Indihome Menggunakan Mikrotik

Salah satu cara membatasi kecepatan WiFi Indihome adalah menggunakan bantuan mikrotik. Mikrotik merupakan software yang bisa digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer.

Beberapa fungsi dari mikrotik adalah untuk memblokir situs yang terlarang dan mengatur konfigurasi LAN. Selain itu, mikrotik juga dapat digunakan untuk mengatur jaringan internet, membagi bandwidth dan memisahkan bandwidth lokal serta internasional.

Kamu bisa melakukan pengaturan jaringan internet yang lebih kompleks menggunakan mikrotik. Sehingga biasanya mikrotik digunakan di lingkungan kantor atau di warnet yang membutuhkan pengaturan jaringan.

Namun kamu perlu membeli perangkat mikrotik dengan rentang harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung fitur dan kegunaan dari mikrotik. Terdapat dua jenis mikrotik yaitu Mikrotik RouterOS dan RouterBoard. Kedua mikrotik tersebut memiliki pengaturan yang berbeda.

Mikrotik juga memiliki beberapa fitur tambahan yang memudahkan penggunanya. Beberapa diantaranya adalah fitur caching DNS client, ipsec, routing static routing, firewall dan NAT, web proxy dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin melakukan pengaturan mikrotik, kamu harus membuat topologi jaringan terlebih dahulu. Namun jika kamu tidak mengetahui sistem jaringan, sebaiknya meminta bantuan orang yang memahami pengaturan jaringan untuk melakukan pengaturan menggunakan mikrotik.

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC

Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android

Sekarang kamu sudah bisa menerapkan cara membatasi kecepatan WiFi Indihome hanya dengan browser. Kamu bisa menikmati kecepatan internet yang stabil walaupun pengguna WiFi banyak.

Posting Komentar untuk "Cara Membatasi Kecepatan WiFi Indihome Anti Gagal"

Berlangganan via Email