Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat PPT Menarik untuk Persentasi

Gimana sih Cara Membuat PPT Menarik untuk menampilkan slide yang bagus dan gak membosankan?

Powerpoint adalah salah satu produk andalan Microsoft dalam pembuatan slide persentasi. Ini adalah aplikasi yang sangat populer. Apalagi buat kamu yang bergelut di bidang marketing, bisnis, pendidikan, dan lainnya.

Cara Membuat PPT Menarik

Meskipun ada beberapa aplikasi lain yang bermunculan untuk membuat slide persentasi. Seperti pada tulisan lalu saya sudah membahas apa saja Aplikasi PPTX untuk Android untuk membuat Persentasi Lebih Mudah.

Cara membuat ppt menarik di hp, contoh ppt yang menarik, cara membuat ppt yang baik untuk mahasiswa, template ppt menarik, cara membuat ppt 3d, cara membuat powerpoint yang menarik 2013, cara membuat powerpoint yang menarik 2007, cara membuat powerpoint yang menarik 2010.

Nah, di tulisan ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat slide PPT yang menarik. Ada beberapa kombinasi fitur yang mungkin kamu belum tahu.

Tips dan Cara Membuat PPT Menarik

Coba tampilan tema berbeda

Mungkin ini sudah menjadi hal umum karena pengguna tidak membuat dengan tampilan dasar berwarna putih polos dan jenis font biasa.

Untuk membuat slide lebih menarik, PowerPoint menyediakan beragam tema yang bisa dipilih sesuai selera. Kamu bisa mengganti tema tiap tampilan slide untuk menarik perhatian audiens.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan tema sendiri yang didownload dari google atau desain sendiri.

Buat teks yang sesuai

Untuk membuat teks yang sesuai ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.

  1. Jenis font
  2. Ukuran teks
  3. Warna teks
  4. Rata teks
  5. Jumlah kata

Usahakan jangan membuat huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar, warna yang terlalu mencolok dan jenis huruf yang sulit dibaca.

Pilih saja jenis font yang elegan namun mudah dibaca, dengan ukuran dan warna yang simpel tapi tetap menarik. Tentunya, ada perbedaan untuk teks judul, subjudul dan poin-poinnya.

Selain itu buat rata teks yang sama sejak awal. Misalnya membuat teks dengan rata kiri, maka sampai akhir slide usahakan menggunakan teks dengan rata kiri. Ini akan slide terlihat clean dan profesional.

Dan buat kata-kata yang jelas dan mudah dipahami. Karena semakin banyak kalimat, juga memakan ruang di lembar slide. Dan slide dengan penuh kata-kata terlihat tidak menarik.

Sematkan transisi seperlunya

Powerpoint menyediakan beragam pilihan animasi untuk transisi antar slide. Tapi usahakan untuk memilih transisi yang gak terlalu mencolok.

Biasanya animasi ini diberikan pada slide-slide yang memuat poin-poin penting. Animasi ini sedikit banyak akan menarik perhatian dari pendengar.

Ukuran gambar yang pas

Terkadang gambar ini diperlukan untuk menambah informasi lebih jelas. Selain gambar kadang pengguna juga menambahkan chart atau obyek lain.

Usahakan menampilkan gambar yang jelas, tidak besar atau kecil. Mungkin kamu bisa mengira-ngira sendiri ukuran gambar yang cukup.

Coba kombinasi warna berbeda

PowerPoint memiliki banyak skema warna yang dapat bisa kamu pilih. Cari di tab Design, klik pada drop-down di samping Themes dan cobalah menemukan skema warna berbeda.

Master slide yang sama

Biar terlihat profesional dan elegan, kamu bisa menggunakan master slide yang sama. Misalkan kamu menambahkan logo di slide persentasi, maka pastikan logo berada di tempat dan ukuran yang sama.

Untuk menambahkan sesuatu di master slide seperti logo, caranya adalah:

Buka View > Slide Master > lihat di sisi kanan

Kurangi konten yang tidak perlu

Powerpoint yang menarik adalah yang jelas, simpel dan tidak bertele-tele. Selain tampilan yang simpel, jumlah konten juga perlu diperhatikan. Dalam tahap evaluasi ini kamu bisa mencari apa saja yang bisa dibuang atau diringkas seperti keterangan, gambar, chart atau data lainnya.

Sarannya adalah hindari paragraf panjang dan gambar atau data yang tidak mendukung biar semua terlihat rapi.

Apakah slide sudah mewakili tujuan persentasi? 

Pertanyaan terakhir yang perlu kamu simpulkan adalah mengevaluasi seluruh slide dan apakah PPT yang sudah dibuat sudah mewakili tujuan persentasi?

Karena hal terpenting dari persentasi adalah menyampaikan tujuan yang dimaksud dengan lebih mudah dan jelas.

Kamu bisa cek keseluruhan slide di menu view dan pastikan semuanya sudah sesuai.

Ekspor File ke PDF

Kalau sudah selesai, kamu bisa simpan file dalam format PPT. Dan juga ekspor lagi dalam format PDF. Karena PDF lebih kompatibel dan stabil untuk dibuka di perangkat lain.

Karena nantinya file persentasi ini tidak digunakan oleh satu perangkat saja, maka biar fleksibel untuk semua perangkat maka bisa menggunakan PDF.

Untuk file PPT yang sudah jadi, kamu bisa convert menjadi PDF dengan bantuan aplikasi atau situs online.

Pastikan kamu sudah membaca:

PDF Converter to PPT Aplikasi dan Web Online

Itulah beberapa tips dan cara membuat PPT yang menarik. Apa kamu punya pendapat tentang artikel kali ini?

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya di Areafokus.com dan daftarkan emailmu untuk berlangganan artikel dari kami secara gratis. Kami akan mengirimkan artikel terbaru langsung ke pesan masuk di email.

Jangan sampai ketinggalan artikel terbaru dari kami. See you next time..

Posting Komentar untuk "Cara Membuat PPT Menarik untuk Persentasi"

Berlangganan via Email