Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instal Wattpad Simak Kelebihan dan Kekurangan Disini

WattPad - termasuk salah satu aplikasi berbagi cerita yang memungkinkan kamu membaca cerita-cerita menarik atau menuliskan cerita atau pengalaman sendiri. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus perlu tahu.

Mungkin banyak diantara kalian yang kenal dengan Wattpad. Wattpad adalah termasuk aplikasi yang banyak digunakan termasuk di Indonesia.

Aplikasi Wattpad menjadi komunitas online buat orang yang hobi menulis dan membaca. Kalau fungsi utamanya sih gak beda jauh dengan situs web cerita. Kamu bisa menemukan banyak sekali sajian cerita-cerita yang menarik disini.

WattPad

Kamu juga bisa instal aplikasinya dan membuat akun secara gratis. Kamu bisa sekedar membaca atau menyimbang tulisan. Memberikan penilaian, komentar dan lainnya. Selain cerpen, pengguna juga bisa menuliskan puisi atau lainnya. 

Dan Aplikasi ini bisa kamu nikmati di beberapa platform, seperti android, windows dan iOS.

Selain kelebihan-kelebihan, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti yang akan kita ulas di artikel ini.

Baca juga:

Wattpad Versi Lama
Download Wattpad APK Terbaru

Oke, mari kita simak.

Kelebihan Aplikasi Wattpad


1. Berkarya dalam tulisan

Manfaat penting yang utama di aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna berkarya dalam bidang tulis-menulis. Aplikasi wattpad merupakan wadah bagus untuk menuangkan ide, pengalaman, kreasi dan lainnya dalam bentuk tulisan.

Dibaca atau nggak itu urusan orang lain. Tapi nyatanya, banyak sekali penggemar wattpad sampai saat ini.

Disini banyak sekali penulis-penulis yang awam sampai profesional. Kamu bisa mulai menuliskan sesuatu dalam pilihan kategori yang disediakan. 

2. Membaca tulisan sepuasnya

Wattpad juga sangat pas buat kamu yang hobi baca-baca. Kamu bisa mencari bacaan-bacaan yang menarik dari penulis di sana. Ada banyak sekali pilihan kategori untuk menemukan bacaan yang kamu inginkan.

Dan hampir semua tulisan di Wattpad adalah tulisan original yang unik dan menarik.

3. Mencari Inspirasi

Kamu juga bisa mencari ide atau inspirasi di aplikasi ini. Inspirasi memang bisa datang dari mana saja dan Wattpad memiliki koleksi bacaan yang banyak dan kreatif. Kamu bisa mencari ide menarik disini.

Ada ratusan bacaan yang berasal dari cerita, karakter penulis dan latar belakang yang beda-beda. Kamu juga bisa memilih kategori seperti fiksi, nonfiksi dan lain sebagainya.

4. Mudah digunakan

Aplikasi Wattpad juga mudah digunakan dengan tampilan yang simpel sederhana. Pengguna bisa langsung mengoperasikan dan menjelajahi aplikasi meskipun masih pemula.

5. Bisa dibaca offline

Menariknya, aplikasi Wattpad memungkinkan kamu untuk membaca cerita secara offline. Caranya gampang kok, kamu tinggal pilih cerita mana yang kamu inginkan lalu pilih fitur baca offline


Dengan demikian bacaan akan didownload otomatis dan bisa dibaca kapan saja dan dimana saja tanpa koneksi internet

Hanya saja kadang pembaruan Wattpad membatasi jumlah halaman yang bisa didownload.

6. Gratis

Yang gak kalah penting, Wattpad bisa dinikmati pengguna secara gratis. Kamu tinggal download di playstore, appstore atau lainnya. Namun ada juga fitur premium dengan fitur yang lebih lengkap dan bebas iklan.

Kekurangan Aplikasi Wattpad


1. Cerita Dewasa

Menjadi aplikasi yang bisa diakses siapa saja, baik umur 18- atau 18+, Wattpad memiliki fitur batasan untuk konten dewasa. Hanya saja banyak pengguna yang bisa lolos dengan manipulasi data diri.

Meski ada peringatan batasan usia di konten tertentu, tapi bisa saja pengguna masuk dengan mudah.

2. Iklan 

Meski ini adalah aplikasi yang gratis, tapi kamu harus rela dengan adanya iklan di dalamnya. Hanya saja beberapa versi Wattpad memiliki iklan yang sangat banyak dan sangat mengganggu.

Bahkan tiap ganti halaman harus nonton iklan terlebih dahulu.

3. Tulisan Copas

Di Wattpad ada beberapa tulisan yang menjiplak dari orang lain. Karena sebenarnya gak ada hak cipta atas tulisan yang dibuat disini. Jadi siapa saja bisa mencomot karya orang lain seenaknya.

Kadang hanya diganti nama tokohnya saja atau hal lain.

4. Harus online untuk menambah daftar bacaan

Untuk terhubung dengan koleksi besar Wattpad, maka pengguna butuh koneksi internet. Kamu bisa menambahkan atau mendownload bacaan yang kamu suka setelah terhubung ke perpustakaan besar.

5. Bully karya orang

Karena bukan hanya penulis profesional yang bisa menulis disini, mungkin banyak sekali tulisan yang masih belum bagus. Dan banyak orang atau pengguna yang bully penulis yang kontennya berantakan.
Baik dari komentar, penilaian atau pesan pribadi kepada penulis.

Kalau bisa sih kita bikin komentar yang membangun, yang isinya bukan hanya kritik doang. Tapi kita tambahkan juga solusinya.

Karena memang banyak hal membutuhkan proses.

Oke, itulah tadi ulasan tentang Kelebihan dan kekurangan Wattpad. Apa kamu punya pendapat lain tentang aplikasi yang satu ini?

Berikan masukan di komentar ya..

Sekian dulu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya yang lebih seru.

kata kunci lainnya:

wattpad login
wattpad indonesia
wattpad ahh
wattpad romantis
baca wattpad
wattpad versi lama
download wattpad
wattpad web