Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater - Memungkinkan kamu belanja sekarang dan bayar nanti. Coba cek syarat ketentuan, kelebihan dan cara mengaktifkannya berikut ini.

Belanja online adalah hal yang mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang lebih suka beli di toko online dari pada pergi ke pasar.

Kamu sendiri gimana?

Nah, di Indonesia sendiri ada banyak olshop yang populer dan banyak digunakan. Tiap olshop berlomba-lomba mengembangkan fitur-fitur terbaru di aplikasi mereka mulai dari gratis ongkir, diskon, koin dan sebagainya.

Salah satu olshop yang sering menyediakan promo dan diskon adalah Shopee. Mungkin kamu juga sudah akrab dengan nama olshop yang satu ini.

Selain itu, banyak olshop juga menambah fitur mereka untuk memudahkan pengguna. Seperti fitur PayLater yang disediakan oleh Shopee.

Fitur ini memungkinkan kamu beli barang sekarang dan bayar di bulan depan. Shopee PayLater memiliki beberapa kelebihan dan juga beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu perhatikan.

Namun banyak orang yang masih belum tahu gimana caranya mengaktifkan shopee paylater.

Begitu juga cara non aktifkan shopee paylater, cara berhenti shopee paylater, cara mengaktifkan shopee paylater yang dinonaktifkan, cara menghapus shopee paylater, cara membayar tagihan shopee paylater, cara membatalkan shopee paylater, jika tidak membayar shopee paylater, daftar shopee paylater gagal terus.

Oke, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu gaes..

Sebelumnya kamu tahu gak apa sih Shopee PayLater itu?

Apa itu Shopee PayLater?

Gampangnya, Shopee PayLater adalah layanan pinjaman (ngutang) untuk para penggunanya. Pengguna bisa menggunakan layanan ini untuk membeli barang dulu dan bayar di kemudian hari dalam batas waktu tertentu.

Jadi, PayLater seperti pinjaman instan bagi pengguna yang butuh membeli barang namun masih belum punya uang.

Pengguna juga bisa memilih tanggal jatuh tempo atau tagihan dari pinjaman tersebut. Mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Untuk jumlah pinjamannya bisa berbeda-beda tiap akun. Ada yang 6 juta, 11 juta, 15 juga dan lainnya. Pada kesempatan lain saya akan ulas bagaimana cara menaikkan limit shopee paylater.

Oke, berikut ini adalah cara untuk megnaktifka paylater di shopee.

Cara Daftar dan Mengaktifkan Shopee PayLater

Biasanya sih kalau akun shopee mu sudah dapat pemberitahuan "aktifkan shopee paylatermu" atau saldo di SPayLater muncul maka sebenarnya ini tinggal aktifkan saja.

Cek juga gimana Cara Transfer ShopeePay ke ShopeePay

Memang fitur ini gak dimiliki oleh sembarang akun. Tapi, buat kamu yang belum aktif, silahkan coba ikuti beberapa langkah di bawah ini. Dari help.shopee.co.id begini cara gampangnya:

    1. Pilih Saya > Klik SPayLater

Setelah kamu buka aplikasi shopee, klik menu profil saya yang ada di pojok kanan bawah dan pilih SPayLater.

    2. Aktifkan Sekarang

Muncul di bagian atas sendiri, pilih aktifkan sekarang.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

    3. Masukkan Kode OTP

Pihak Shopee akan mengirimkan kode OTP lewat SMS untuk Verifikasi, silahkan masukkan dengan angka yang sesuai lalu pilih Lanjut.

Catatan: Jangan berikan kode verifikasi OTP ini pada siapa pun termasuk tim Shopee. 

    4. Upload foto KTP

Ambil foto KTP dengan kamera yang lebih jelas dan posisikan KTP sehingga menampilkan semua bagian KTP.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater
Sumber gambar: https://help.shopee.co.id/

Jangan lupa masukkan Nama, NIK dan Informasi Tambahan lainnya lalu pilih Konfirmasi.

    5. Lakukan Verifikasi Wajah

Setelah unggah foto KTP, kamu akan diminta untuk verifikasi wajah, silahkan klik "mulai verifikasi wajah" dan arahkan wajah dalam frame yang sudah disediakan.

    6. Berhasil!

Kalau semuanya sudah kamu lakukan dengan benar, maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa fitur SPayLater di akunmu sedang diproses.

Dan kalau sudah disetujui, maka fitur SPayLater sudah berhasil diaktifkan dan siap untuk digunakan.

Cara Menggunakan Shopee PayLater

Setelah fitur PayLater aktif, mungkin kamu bertanya,

Gimana sih caranya menggunakan shopee paylater?

Gampang kok, sama saja kayak bayar pake saldo shopeepay biasa atau lainnya.

    Pilih barang yang akan dibeli

Kalau kamu sudah memilih barang dan akan melakukan pembayaran.

    Pilih SPayLater sebagai metode pembayaran

Ada beberapa pilihan metode dan tinggal kamu pilih opsi SPayLater. Menariknya kamu juga disediakan pilihan untuk mencicil mulai dari 2x, 3x, 6x 12x.

    Buat Pesanan

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan PIN atau sidik jari seperti biasanya untuk menuntaskan pembayaran. Dan transaksi kamu akan terkonfirmasi.

    Bayar tagihan tanggal 5 atau 11 bulan berikutnya

Biasanya kamu akan mendapat notifikasi untuk penagihan jatuh tempo sehari sebelumnya.

Tapi meski demikian, saran saya, belilah barang yang kamu butuhkan dan mudah untuk melunasinya di kemudian hari.

Kelebihan Shopee PayLater

SPayLater adalah salah satu fitur yang ditujukan untuk memudahkan pengguna. Meskipun pengguna tidak perlu menjadi konsumtif.

Ada beberapa keunggulan dari Shopee PayLater yang bisa kamu dapatkan, diantaranya adalah:

Bisa ngutang dulu

Dengan ini kamu bisa beli barang dulu dan bayar nanti alias ngutang hehe..

Tapi meski demikian kamu juga perlu memilih sendiri barang-barang yang memang butuh. Dan pastikan untuk melunasinya dengan mudah pada saat jatuh tempo.

Fitur ini mungkin membantu untuk memenuhi kebutuhan seperti bayar listrik, wifi, dan kebutuhan penting lainnya.

Ringan biaya penanganan

SPayLater mengenakan biaya penanangan buat kamu yang menggunakannya. Tapi tenang saja, biayanya sangat murah kok. Hanya sebesar 1% doang dan ada denda sebesar 5% kalau kamu telat bayar.

Tapi usahakan jangan telat ya gaes..

Cicilan sesuai kemampuan

Shopee juga menyediakan pilihan cicilan yang bisa dipilih oleh pengguna. Seperti yang saya katakan tadi, kamu bisa memilih dari cicilan 2x, 3x, 6x dan 12x.

Penambahan Limit

Baru-baru ini Shopee menambahkan fitur untuk SPayLater dimana pengguna bisa meningkatkan limit atau pinjamannya. Bisa menjadi 6 juta, 11 juta, 15 juta dan lainnya.

Apakah Shopee PayLater Aman?

Mungkin ada beberapa orang yang ragu dengan keamanan SPayLater. Karena pengguna harus menyetorkan info pribadi seperti KTP.

Nah, ShopeePay aman kok dan berikut adalah beberapa data faktanya.

Diawasi OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah badan khusus di Indonesia untuk pemeriksaan dan pengawasan. Jadi, dengan diawasi oleh OJK ini SPayLater menjamin keamanan dan ketepatan pembayaran oleh pengguna.

1 KTP untuk 1 akun 

Disini hanya satu KTP yang bisa didaftarkan untuk satu akun Shopee. Untuk KTP lain kamu harus menggunakan akun shopee yang lain pula.

Rincian Tagihan

Kamu juga perlu melihat rincian tagihan yang ada. Biasanya sih info ini diperbarui per tanggal 25. Hal ini untuk menghindari biaya denda kalau kamu melebihi batas waktu. Denda sendiri sebesar 5% dari total pembelian barang.

Beli Barang yang Dibutuhkan Bukan yang Diinginkan

Dengan adanya fitur pinjaman ini, memungkinkan kamu transaksi lebih mudah. Tapi bukan berarti kamu bisa belanja seenaknya lho ya..

Belilah barang yang benar-benar kamu butuhkan.

Saya jadi teringat kata-kata Sokrates ketika berjalan-jalan ke pasar, katanya: betapa banyak barang-barang yang tidak saya butuhkan.

Mungkin ini bisa kamu gunakan ketika melihat-lihat di Shopee hehe..

Oke, itulah tadi bahasan tentang Cara mengaktifkan Shopee PayLater. Di tulisan ini kamu juga tahu beberapa kelebihan dan syarat ketentuan. Apa kamu punya pendapat tentang artikel kali ini?

Berikan masukanmu di komentar ya..

Baca juga:

10+ Aplikasi Belanja Online Terbaik di Android

Cara Menghapus Produk di Shopee

Sampai disini dulu artikel kali ini, jangan lupa daftarkan emailmu di newsfeed di bawah dan dapatkan artikel terbaru dari Areafokus.com yang dikirim langsung lewat pesan masuk. Sekian dulu dan ketemu lagi di post berikutnya.

Cara Menaikkan Shopee PayLater

Cara Membayar Shopee PayLater

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater