Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Kali ini saya akan berbagi Cara menggunakan Zoom Meeting mulai dari awal. Buat kamu yang akan buat ruangan meeting baik dalam sekolah, kantor, sidang atau lainnya.

Seiring dengan kamajuan jaman, semua kegiatan manusia dilakukan lebih mudah. Apaladi di era smartphone dengan aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat.

Kita tahu lah kalau negara Amerika serikat termasuk negara adidaya dalam segala fasilitas super lengkap dan canggih, seperti halnya yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Perusahaan di Amerika telah membuat sebuah aplikasi bernama Zoom yang bisa memudahkan kita untuk berdiskusi dengan sahabat atau teman kerja.

Aplikasi zoom ini telah berkembang sangat pesat di seluruh dunia apalagi saat pandemi yang mengharuskan seseorang jaga jarak saat bekerja atau kuliah, dengan hadirnya aplikasi ini tidak sulit lagi bagi kita berdiskusi meskipun jaraknya jauh.

Banyak sekali manfaat menggunakan aplikasi zoom ini, juga banyak di sediakan beberapa fitur menarik yang perlu kita manfaatkan.

Zoom cloud meeting, cara menggunakan zoom di hp sebagai peserta, cara menggunakan zoom di laptop tanpa aplikasi, cara membuat akun zoom, cara daftar zoom, download zoom meeting, cara daftar zoom di hp, id zoom meeting.

Nah sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi ini kita bahas telebih dahulu cara menggunakan aplikasi zoom dengan mudah dan cepat:

Download Apk Zoom

Saya yakin soal download aplikasi shobat sudah bisa melakukannya, untuk situs penydia aplikasi yang sering di gunakan biasanya Google Playstore dan ApkPure.

Kedua penyedia download di atas ini bisa shobat gunakan salah satunya. kalau bingung bisa klik link download apk zoom.

Aplikasi ini bisa digunakan di laptop, komputer atau hp android, kalau shobat sedang melakukan pelajaran kebetulan ada acara meeting bisa menggunakan aplikasi ini.

Kalau proses pendownloadan sudah selesai, sekarang cara menggunakannnya, ayo ikuti selengkapnya.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Ada cara yang bisa saya berikan untuk shobat semua, yang pertama menjadi dosen, guru atau bos yang kedua menjadi mahasiswa, pegawai.

Biasanya atasan akan membuat kelas terlebih dahulu sebelum di ikuti oleh orang lain, Nah untuk atasan, baik dosen, guru, bos jika ingin membuat kelas maka perlu cara di bawah ini.

Lebih lanjut tentang Aplikasi Manajemen Sekolah Berbasis Web Gratis.

1. Cara Membuat Ruang Meeting

Masuk aplikasi zoom > Sig in 

Sebelum menggunakan aplikasi zoom shobat Terlebih dahulu log in seperti contoh gambar di bawaah ini.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Masukkan Email > launch Zoom

Sebelum memulai  zoom shobat terlebih dahulu masuk menggunakan akun email, kalau tidak punya email maka harus membuat dulu, agar bisa gabung ke aplikasi zoom.

Saya sudah menuliskan Cara Membuat Akun Google Baru Gak Sampai 5 Menit Langsung Jadi.

Setelah proses selesai shobat klik tombol Lounch zoom seperti contoh pada gambar berikut ini.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

Untuk dosen, guru atau bos maka perlu membuat semacam ID aplikasi zoom, agar diskusi tersebut bisa di ikuti oleh orang yang kita tentukan, yakni dengan menge-share kode ID- tersebut.

New Meeting > Start a Meeting

Cara membuat ID agar seseorang bisa masuk kekelas yang kita buat, maka caranya klik tombol bernama New meeting seperti contoh gambar di bawah ini.

Kemudian tekan Start a Meeting, fungsi start a meeting ini untuk memperoleh ID dari sistem aplikasi ini, tanpa ID maka seseorang tidak bisa masuk ke kelas yang kita buat.

Cara Menggunakan Zoom Meeting

2. Bagikan ID Meeting

Setelah kamu membuat ruang meeting, maka kamu akan mendapatkan ID ruangan, ID ini termasuk kode masuk ke kelas.

Setelah ID sudah ada, maka shobat perlu share ID tersebut ke mahasiswa, pegawai atau murid yang ingin mengikuti kegiatan yang shobat rencanakan, seperti pembelajaran, diskusi atau rapat.

Kamu bisa langsung share ID lewat medsos seperti WhatsApp. Atau kamu juga bisa langsung share link menuju ruang meeting.

Itulah salah satu cara menggunakan aplikasi zoom.

Bagaimana shobat? mudah kan menggunakan aplikasi ini, hanya seperti itulah tutorial menggunakan zoom semoga bemanfaat.

Mungkin di antara kita banyak yang menggunakan aplikasi zoom ini, cuman ada sebagian yang perlu pernah tahu kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi ini.

Nah, biar semakin yakin saat menggunakan aplikasi  ini, Mimin areafokus akan membeikan penjelasannya hanya untuk anda semua.

Kelebihan Menggunakan Zoom Meeting

1. Suara Lebih Fokus

Pasti kita  pernah kan Video Call dengan sahabat atau keluarga lebih dari 2 nomer, pasti suara siA dengan siB akan saling berebut, jadi suaranya akan bising sekali.

Nah, untuk aplikasi zoom ini berbeda, saat ada yang memberikan materi atau sambutan speaker bisa di hidupkan untuk yang lain bisa di matikan, itu artinya agar suara pemateri bisa di dengar oleh andien yang lain.

Kalau berdiskusi bisa di hidupkan semua, seperti halnya kita di dalam kelas, pada intinya microfon bisa kita atur sendiri.

2. Tampilan Materi

Aplikasi ini juga bisa menampilkan materi yang sudah di siapkan oleh pemateri atau audien yang lain seperti halnya slide power point atau word terkait rancangan progam, materi atau hasil rapat.

Jadi semua file yang berbentuk word atau slide power point akan di liat dan di baca oleh anggota yang masih di aplikasi zoom tersebut.

3. Fitur Chating

Aplikasi tidak hanya menyediakan firtual video saja, tetapi juga bisa menggunakan fitur chat layaknya kita chatingan.

Jadi chat ini bisa di fungsikan sebagai tanya-tanya seputar meteri yang sudah di sampaikan, atau terkait kualitas virtual zoom atau pematerinya.

Kekurangan Menggunakan Zoom Meeting

Memang semua aplikasi yang di rancangan oleh manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya, sama seperti pada aplikasi ini.

Nah untuk kekurangan pada aplikasi ini sebagai berikut:

1. Lemot

Aplikasi meeting bernama zoom ini memiliki kelemahan dalam masalah koneksi. Meskipun kecepatan internet sudah bagus, namun kadang zoom ada patah-patahnya. Meskipun gak terlalu parah.

Kalau internet lambah maka zoom akan berjalan sangat lemot. Kamu bisa simak Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android

2. Bahasa Inggris

Semua bahasa yang di tuangkan pada aplikasi ini menggunakan bahasa inggris, itu mungkin suatu kewajaran karena pembuatannya termasuk orang amerika semua.

Sebenarnya cukup mudah dipahami namun ini menjadi kendala bagi orang awam yang ingin mengoprasikan aplikasi zoom ini.

3. Butuh Internet

Aplikasi ini tersedia online jadi tidak munggkin tersambung atau mengikuti kegiatan di kelas zoom kalau tidak ada internet atau koneksinya buruk

Maka dari itu shobat perlu jaringan internet yang bagus jika ingin mengikuri kegiatan yang menggunakan virtual zoom.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara menggunakan aplikasi zoom dengan benar dan cepat serta kelebihan dan kekurangan pada aplikasi zoom ini.

semoga artikel yang kami ulas ini bisa memberikan kemanfaatan ya Gaes..


Kalau shobat menemukan kelebihan atau kekurangan yang perlu di tulis jangan sungkan ya Gaess untuk taruh di komentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Zoom Meeting"