Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Custom ROM Android untuk Poco X3 NFC

Custom ROM

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah informasi tentang Custom ROM. Hal ini mungkin awam bagi beberapa orang, namun untuk beberapa pengguna perangkat Xiaomi biasanya sudah biasa dengan hal ini. Saya akan membahas Custom-ROM pada perangkat Poco X3.

Perangkat Poco X3 ini merupakan perangkat yang baru-baru ini dirilis serta sangat viral diberbagai grup smartphone Android, karena spesifikasinya yang cukup tinggi serta dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Hal-hal seperti Custom ROM ini sudah tidak bisa lepas lagi dari perangkat Xiaomi meskipun spesifikasi pada perangkat itu tinggi. Karena dengan menggunakan Custom-ROM, perangkat yang kamu miliki jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan Stock ROM begitu kata beberapa pengguna.

Tentunya custom ROM ini berbeda dengan tema MIUI yang sebelumnya saya bagikan. Custom-ROM ini merubah keseluruhan sistem pada perangkat kamu sedangkan tema itu hanya mengubah tampilan layarnya saja.

Custom ROM Adalah

Banyak yang masih belum tahu apa sih Custom ROM itu?

Gampangnya,

Custom ROM adalah sistem operasi oprekan yang tidak resmi. Jadi gak terikat lagi ke perusahaan pembuatnya. Dan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, apps dan sistem file pendukung lainnya.

Dengan kata lain,

adalah rom atau firmware berbasis android yang telah dimodifikasi atau dikustomisasi oleh developer pihak ketiga dengan tujuan performa yang jauh lebih baik dari rom atau firmware bawaan.

Memang ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan Custom-ROM, tapi kamu juga perlu meperhatikan kekurangnnya. Selengkapnya bisa kamu simak di bagian bawah artikel.

3 Custom ROM Poco X3 NFC Baru

Beberapa custom-ROM yang akan saya bagikan ini dibuat oleh developer yang berbeda-beda namun ada beberapa custom-ROM yang dibantu proses pembuatannya oleh developer dari custom ROM lain. Mungkin bagi yang sudah tidak awam dengan custom ROM mengenal beberapa dari yang saya bagikan ini.

1. AOSP Extended

AOSP atau singkatan Android Open Source Project ini memang banyak difavoritkan orang-orang karena sistemnya yang sangat ringan. AOSP Extended untuk perangkat Poco X3 ini dibuild oleh mashkoukras. Custom ROM ini juga baru saja diupdate pada 4 April 2021 lalu dnegan tambahan fitur-fitur baru tentunya.

Untuk menggunakan Custom ROM ini lebih direkomendasikan NikGapps karena lebih cocok dengan sistemnya. Tema ini juga dibantu pembuatannya oleh Ganeshvarma, iWillBanU, GeniusCry, mt Surya dan Provasishnandi.

2. Evolution X

Untuk custom ROM yang kedua ini pula adalah Evolution X. Custom-ROM ini juga banyak sekali digunakan termasuk saya sendiri juga menggunakan Custom-ROM ini dibeberapa perangkat Xiaomi yang saya miliki. Evolution X yang tersedia pada perangkat Poco X3 NFC ini merupakan build Unofficial.

ROM ini dibuild oleh Akashk07 dan beberapa nama yang terpasang di credit yaitu Ghostridet_reborn dan Mahajant99. Custom-ROM ini terakhir di update pada 4 april 2021 lalu dengan tambahan beberapa fitur diantaranya :

  1. Upgrade Kernel ke 11.22
  2. Perbaikan beberapa bug dan pengoptimalan sistem.
  3. Resynced Sources.

Custom-ROM ini sudah terinclude Gapps jadi kamu tidak perlu menginstalnya lagi.

3. Arrow OS

Custom ROM yang satu ini pula bernama ArrowOS. ROM ini merupakan build Official yang dibuild olhe Ganeshvarma. Suatu keuntungan bahwa ROM ini merupakan build Official, karena akan ada update-update sistem yang bermanfaat untuk pengoptimalan fitur-fitur pada custom-ROM ini.

ROM ini juga baru diupdate pada 4 April 2021 lalu dengan banyak update changelog yang tersedia seperti Update App DuckDuckGo, Update Chromium Webview, Penambahan beberapa aplikasi serta fitur dan pengoptimalan beberapa fitur yang tidak bekerja dengan baik pada versi sebelumnya.

Untuk informasi Source ROM lengkap custom-ROM ArrowOS ini kamu bisa melihatnya disini.

Catatan :

  • Unified Build
  • Untuk pilihan Gapps : OEM > Gapps/Vanilla

Kelebihan Custom ROM Android

Ada beberapa keuntungan melakukan oprek android dengan custom rom. Beberapa diantaranya adalah:

Keuntungan Custom-ROM Android : 

Banyak pilihan

Karena dikembangkan oleh pihak ketiga, maka Custom-ROM ada banyak pilihannya dan bisa didownload gratis.

Seperti nama-nama custom-rom yang sudah saya rekomendasikan sebelumnya.

Mudah kirim Feedback

Kamu juga bisa lebih mudah untuk kirim saran atau Feedback pada pengembang seperti mengirimkan pesan pada sebuah forum komunitas online. Seperti melaporkan kinerja, bug atau masalah lainnya.

Kinerja smartphone lebih optimal

Pengguna atau user Android bisa menggunakan perangkat mereka lebih optimal. Karena banyak sistem yang dikustomisasi karena tujuan tersebut.

Update cepat

Bisa dibilang kalau custom-rom cukup update karena begitu update rilis dari pihak pengembang OS maka pihak pengembang ketiga akan segera menggarap update tersebut biar bisa digunakan pada berbagai macam perangkat.

Menyimpan instalasi aplikasi di memori eksternal

Kalau biasanya instalasi aplikasi otomatis disimpan di memori internal, maka dengan custom-rom instalasi tersebut bisa dialihkan ke memori eksternal. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi HP yang memori internalnya kecil.

Akses sistem lebih leluasa

Ada beberapa pengaturan sistem yang tidak bisa diotak-atik di sistem bawaan. Sedangkan dengan custom-rom kamu bisa lebih leluasa untuk mengatur sistem.

Beberapa pengembang bahkan memungkinkan untuk melakukan Over Clocking, Under Volting atau lainnya pada perangkat Android

Lebih hemat baterai

Beberapa pengembang Custom-ROM menawarkan fitur penghematan baterai. Jadi beterai perangkat bisa lebih irit dan tahan lama.

Dan lainnya.

Kekurangan Custom ROM Android

Selain itu custom-rom juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Beberapa seperti berikut ini:

Sering Bug

Bug menjadi masalah yang paling sering dialami ketika menggunakan custom-rom. Dan memang banyak produk yang tidak melewati riset dan tes yang ketat. Apalagi saat rilis awal.

Bahkan kalau sampai parah kamu bisa kehilangan file (corrupt critical files) hingga mati total.

Harus sering diskusi di forum

Kalau kamu mengalami masalah, maka harus sering masuk ke forum untuk mendiskusikan masalah yang kamu alami.

Kadang tidak support

Tidak semua custom-rom cocok digunakan di semua perangkat Android, maka kamu harus memilih versi yang kompatibel dengan perangkatmu.

Karena kalau tidak akan mengakibatkan suatu fitur tidak berfungsi dengan benar atau fungsi akan hilang dan tidak bisa digunakan.

Garansi batal

Dengan melakukan oprek ini maka garansi ponsel akan hilang atau batal otomatis.

Itulah 3 Custom ROM terbaik untuk perangkat Poco X3 NFC, kamu bisa mencoba custom ini dan berbagi pengalaman penggunaan kepada pengguna lain lewat kolom komentar.

Jangan lewatkan:

7 Cara Mengganti Password Wifi

Cara Membuat Link Google Drive untuk Berbagi File

Kata kunci lain:

custom rom gaming

custom rom google

custom rom download

custom rom terbaik

custom rom samsung

custom rom terbaik 2020

custom rom xiaomi

custom rom vivo

Posting Komentar untuk " 3 Custom ROM Android untuk Poco X3 NFC"

Berlangganan via Email